Aplikasi Sederhana DELPHI
Aplikasi Sederhana DELPHI
Sebelum Membuat Aplikasi Sederhana DELPHI, kita harus mengetahui semua tentang DELPHI..Pertama, mari kita Mengenal Delphi
Pengertian Delphi
Delphi adalah suatu bahasa pemograman (development language) yang digunakan untk merancang suatu aplikasi program.
Kegunaan Delphi
1. untuk membuat aplikasi windows
2. Untuk merancang aplikasi program berbasis grafis
3. Untuk membuat program berbasis jaringan (client/server)
4. Untuk merancang program .Net (berbasis internet)
Keunggulan Delphi
- IDE (Integrated Development Environment) atau lingkungan pengembangan aplikasi sendiri adalah satu dari beberapa keunggulan delphi, didalamnya terdapat menu – menu yang memudahkan kita untuk membuat suatu proyek program.
- Proses Kompilasi cepat, pada saat aplikasi yang kita buat dijalankan pada Delphi, maka secara otomatis akan dibaca sebagai sebuah program, tanpa dijalankan terpisah.
- Mudah digunakan, source kode delphi yang merupakan turunan dari pascal, sehingga tidak diperlukan suatu penyesuain lagi.
- Bersifat multi purphase, artinya bahasa pemograman Delphi dapat
digunakan untuk mengembangkan berbagai keperluan pengembangan aplikasi.
Sejarah Borland Delphi- Delphi versi 1 (berjalan pada windows 3.1 atau windows 16 bit)
- Delphi versi 2 (Berjalan pada windows 95 atau delphi 32 bit)
- Delphi versi 3 (berjalan pada windows 95 keatas dengan tambahan fitur internet atua web)
- Perkembangan selanjutnya diikuti dengan Delphi versi 4, 5 dan 6.
Setelah mengetahui pengertian dari Delphi, Selanjutnya kita akan mencoba membuat Aplikasi Sederhana dari Program Delphi 7
Langkah – langkah mengaktifkan Delphi
a. Klik start
b. pilih program Files
c. pilih Borland Delphi
d. pilih dan klik Delphi 7
Jendela Utama Delphi
Gambar 1. Jendela Utama Delphi
Bagian – bagian dari Jendela Delphi
1. Object Tree View
Merupakan sebuah diagram pohon yang menggambarkan hubungan logis menghubungkan semua komponen yang terdapat dalam suatu proyek program. Komponen tersebut meliputi form, modul atau frame. Fungsinya digunakan untuk menampilkan seluruh daftar komponen program dalm sebuah aplikasi program sesuai dengan penempatnn
2. Object Inspector
Merupakan jendela yang digunakan utnuk mengatur tampilan komponen pada form, misal bagaimana mengubah tulisan button pada command button menjadi Simpan, atau menghapus tulisan pada label dan mengganti nama menjadi Nama Mahasiswa atau memberikan perintah tertentu pada sebuah komponen sehingga ada interaksi ketika program dijalankan..
Secara Umum Object Inspector terbagi menadi 2, yaitu:
a. Properties
Digunakan untuk mengatur tampilan pada sebuah komponen baik itu meliputi
b. Events
Merupakan jendela properties yang digunakan untuk memberikan fungsi yang lebih detail dari fungsi sebenarnya. Misalnya ketika tombol Simpan di klik maka program akan menjalankan perintah penyimpanan data. Dari kalimat tersebut ada event clik untuk mengeksekusi sebuah tombol simpan. Perintah event clik tersebut dapat diberikan melalui jendela events.
3. Form Designer
Merupakan tempat yang digunakan untuk merancang semua aplikasi program yang diambil dari komponen pallete.
4. Component Pallete
Merupakan kumpulan icon yang digunakan untuk merancang suatu aplikasi pada untuk membentuk sebuah aplikasi user interface.
Dalam komponen pallete semua icon dikelompokan dalam berbagai komponen sesuai dengan fungsi dan kegunaannya:
No. |
Nama Icon |
Fungsi |
1. |
Pointer |
Mengembalikan fungsi mouse ke defaultnya |
2. |
Frame |
Membentuk suatu frame terhadap obyek yang ada di dalamnya |
3. |
Main Menu |
Membuat menu utama |
4. |
Label |
Untuk menampilkan teks |
5. |
Edit |
Untuk menampilkan dan input data |
6. |
Button |
Digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap suatu proses |
7. |
Checkbox |
Digunakan untuk menentukan |
8. |
Radio Button |
Digunakan untuk menentukan pilihan, tetapi hanya satu pilihan yang bisa digunakan |
Disini kita akan mencoba membut Aplikasi Menghitung Luas Persegi Panjang
a. Desain Form
Gambar 2. Gambar Desain Form Menghitung Luas Persegi Panjang
b. Desian Properties
Label1 bagian caption=bilangan pertama (disini sebagai panjang)
Label2 bagian caption=bilangan kedua (disini sebagai lebar)
Label3 bagian caption=bilangan ketiga 9disini sebagai hasilnya atau luasnya)
Button1 bagian caption=kalikan
edit1, edit2 dan edit3 bagian teks kosongkan
Listing program
Ketika form dalam keadaan aktif maka form akan menampilkan nama dan alamat pembuat program
procedure TForm1.Button1Click(Sender:TObject)
Var p,l :Real;
begin
p:=StrtoFloat(Edit1.text);
l:=StrtoFloat(Edit2.text);
edit3.text:=Floattostr(p*l);
end;
Untuk keluar dari program user mengklik buton close (klik Botton)
Maka akan muncul tampilan seperti berikut:
Kemudian masukkan bilangan sesuai keinginan anda, misalkan Panjang=7 dan Lebar=3. Kemudian klik Button(kalikan), maka akan muncul hasilnya atau Luasnya=21. Seperti terlihat pada ganbar:
Nah, Sekarang udah ngerti caranya buat Aplikasi Sederhana dari DELPHI...
Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.... amiin ^_^
Post a Comment for "Aplikasi Sederhana DELPHI"