Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar membuat program java

     Sebelum membuat program java, terlebih dahulu anda harus mempunyai program - program pendukung pembuatan programnya , yaitu : Java Development Kit dan EditPlus . Perlu anda ketahui Java Development Kit ( JDK ) berfungsi untuk tempat mengcompile program java yang anda buat, sedangkan EditPlus sebagai editornya ( Tempat Menulis Sintaks ) . Jika anda belum mempunyai keduanya dapat mendownload JDK disini . Sedangkan untuk EditPlus disini .

     Setelah mempunyai keduanya , jangan lupa setting path untuk JDK . jika anda belum bisa setting path java bisa anda ketahui disini . Setelah itu masuk ke edit plus , lalu pilih file > new , dan masukan sintaks ( tulisan ) berikut ini :

class test
 {
   public static void main (String args[])
   {
     System.out.println("Selamat Datang di Pemrograman Java");
   }
 }

     Setelah membuatan sintaks tersebut pada EditPlus , simpan file tersebut dengan nama test.java . Perlu diingat anda harus mengetahui direktori tempat menyimpan file tersebut karena file harus dicompile terlebih dahulu di CMD . Setelah disimpan , masuk ke CMD dan masuk ke direktori tempat penyimpanan file anda . lalu tulis javac test.java untuk mengcompilenya, setelah itu untuk merunningnya tulis java test, maka program yang anda buat akan keluar .


Selamat Mencoba . . .

Post a Comment for "Belajar membuat program java"